Kategori
Motivasi dan Inspirasi

Umroh bagi Pendosa?

Lalu, pantaskah manusia yang banyak berlumuran dosa ini bertamu ke Baitullah yang suci? ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Setiap manusia pastilah tidak luput dari dosa dan maksiat. Allah SWT telah menetapkan bahwa manusia diuji dengan diciptakannya nafsu dalam dirinya. Bentuk pelanggaran/dosa yang telah dilakukan manusia itu sungguh banyak:

โŒdosa riba
โŒdosa ke orang tua
โŒdosa tidak sholat/zakat/puasa
โŒdan dosa-dosa atas berbagai kemaksiatan lainnya.

Lalu, pantaskah manusia yang banyak berlumuran dosa ini bertamu ke Baitullah yang suci? ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Ibadah umroh (dan juga haji) adalah salah satu ibadah yang tidak semua umat bisa melakukannya. Hanya orang yang terpilih yang diberi kesempatan melakukannya.

Ibadah umroh juga merupakan perjalanan spiritual yang berujung kepada usaha manusia untuk mencapai kesucian. Ketika beribadah umroh, setiap jamaah akan dapat merasakan pengalaman untuk mencapai kesucian diri.

Proses umroh yang terdiri dari berpakaian ihram (hanya dua lembar kain untuk laki-laki), miqat, tawaf, sa’i dan tahalul, pada dasarnya merupakan penjelmaan dari sikap jamaah yang berserah diri kepadaNya atas segala perbuatan yang telah dilakukannya. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan tersebut disertai dengan berbagai do’a yang menyertainya bertujuan utama meminta ampun kepada Allah SWT.

Nabi SAW bersabda, “Barang siapa haji ke rumah ini (Baitullah), kemudian tidak berkata kotor dan tidak fasik, ia keluar dari dosa-dosanya bagaikan hari ia dilahirkan ibunya.” (Muttafaq Alaih)

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุงู„ู’ุนูู…ู’ุฑูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุนูู…ู’ุฑูŽุฉู ูƒูŽููŽู‘ุงุฑูŽุฉูŒ ู„ูู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฌูู‘ ุงู„ู’ู…ูŽุจู’ุฑููˆุฑู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูŽู‡ู ุฌูŽุฒูŽุงุกูŒ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู

Artinya:
โ€œAntara umroh yang satu dan umroh lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.โ€ (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุชูŽุงุจูุนููˆุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฌูู‘ ูˆูŽุงู„ู’ุนูู…ู’ุฑูŽุฉู ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ูู…ูŽุง ูŠูŽู†ู’ูููŠูŽุงู†ู ุงู„ู’ููŽู‚ู’ุฑูŽ ูˆูŽุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽู†ู’ููู‰ ุงู„ู’ูƒููŠุฑู ุฎูŽุจูŽุซูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุฏู ูˆูŽุงู„ุฐูŽู‘ู‡ูŽุจู ูˆูŽุงู„ู’ููุถูŽู‘ุฉู ูˆูŽู„ูŽูŠู’ุณูŽ ู„ูู„ู’ุญูŽุฌูŽู‘ุฉู ุงู„ู’ู…ูŽุจู’ุฑููˆุฑูŽุฉู ุซูŽูˆูŽุงุจูŒ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู

Artinya:
โ€œIkutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.โ€ (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

Kesimpulan

Ibadah umroh ini terbuka untuk siapa saja, selama dia muslim dan baligh, walaupun penuh dengan dosa. Insya Allah, setelah umrohnya selesai dan mabrur, kita akan menjadi suci kembali.

Apalagi, selain umroh kita juga beribadah lainnya seperti sholat sunnah dan wajib di Masjidil Haram dan Nabawi yang nilai pahalanya jauh lebih banyak dibandingkan sholat di Indonesia. Dengan demikian, selain mensucikan diri, perjalanan ini juga memberikan pahala yang banyak.

Waallahu a’lam bissawaab

Yuk selama umur masih ada, segera lah ke baitullah untuk berumroh/berhaji dan meminta ampun dosa-dosa kita serta mensucikan diri.

YouTube
YouTube
Instagram
Tiktok
Saya ingin bertanya:
Ada yang bisa dibantu?
Assalamualaikum Wr. Wb.,

Ada yang bisa kami bantu?